Pengertian dan Contoh Teks Cerita Ulang

Cerita ulang (recount) atau rekon adalah teks yang menceritakan kembali pengalaman masa lalu secara kronologis dengan tujuan untuk memberi informasi, atau menghibur pembacanya, atau bisa keduanya.

Cerita ulang terdiri atas tiga jenisyaitu rekon pribadirekon faktual (informasional), dan rekon imajinatif.
  1. Rekon pribadi adalah cerita ulang yang memuat kejadian di mana penulisnya terlibat secara langsung.
  2. Rekon faktual (informasional) adalah cerita ulang yang memuat kejadian faktual seperti eksperimen ilmiah, laporan polisi, dan lain-lain.
  3. Rekon imajinatif adalah cerita ulang yang memuat cerita imajinatif dengan lebih detil.
 Suatu teks cerita ulang terdiri atas tiga bagian, yaitu:
  1.        orientasi : informasi yang menjawab apa?, di mana?, siapa?, kapan?, dan mengapa? ;
  2.         rentetan peristiwa (events) : Isi cerita ulang atau Terjadinya Peristiwa
  3.        reorientasi atau kesimpulan penulis akan kejadian-kejadian yang diceritakan ulang.
Dalam certa ulang terdapat ;
1. Partisipan
2. Menggunakan pronomina (kata ganti) contoh : dia
3. Menggunakan verba meterial (kata kerja yang dilakukan tokoh)
4. Manggunakan pengacuan
5. Menggunakan konjungsi temporal. contoh : kemudian
6. Menggunakan kalimat simpleks

Sebenernya ini tugas sekolah, disuruh buat teks cerita ulang
Nah. Aku bikin tentang Sivia yang pas kena methanol
nih nih nih...
Semoga bermanfaat ~


Luka Bakar Sivia


Aktris yang mengawali karirnya dibidang tarik suara dalam ajang pencarian bakat Idola Cilik 1 ini, selain seorang penyayi, Sivia juga seorang model iklan dan sudah beberapa kali membintangi sinetron stripping. Sivia Azizah juga sangat berbakat dalam menggambar, dan telah bergabung dalam girlband bernama Blink yang anggotanya terdiri dari Ify, Pricil, Febby, dan Sivia.

Tiga tahun lalu, tepatnya menjelang kelahirannya pada bulan Februari 2011. Terjadi sebuah insiden yang menyebabkan kini ia harus mengenakan baju dan celana lengan panjang. Saat sedang syuting sinetron “Dummy Galileo” di MNC TV bersama rekannya, Gabriel Idola Cilik 1, yang bertema pelajaran. Dalam suatu adegan, Sivia sedang praktek pelajaran kimia yaitu menguji coba cairan methanol yang sifatnya mudah terbakar. Tiba-tiba, secara tidak sengaja methanol itu tersenggol yang kemudian mengenai lilin hingga mengeluarkan api. Akibatnya beberapa orang terkena cipratan api yang salah satunya yaitu Sivia, kemudian Sivia segera dilarikan ke rumah sakit Pertamina di Jakarta. Ia harus berbaring di rumah sakit selama beberapa pekan, sempat tidak bisa berjalan dan kulitnya meradang karena luka bakar di tangan dan kakinya, bahkan leher dan sebagian mukanya melepuh. Untungnya sekarang, luka bakarnya itu sudah mulai hilang dan hanya tersisa dibagian tangan dan kakinya saja yang masih belum sembuh total.

Saat ini Sivia tengah menjalani karirnya lagi, baik dalam dunia tarik suara maupun akting. Semoga kejadian tersebut tidak terulang lagi.

Aku ngutip cerita ulang ini dari 3 sumber, ya ada yang aku tambahin sendiri.
Sepengetahuanku biar lebih jelas. Makasih juga yg udah baca. Danke^^
Ini nih 3 sumbernya :

Kenapa Tangan Sivia Blink? Banyak para Blinkstars atau penggemar blink yang mempertanyaan penampilan Sivia yang sering menutupi tangannya. Sebenarnya Kenapa sih, tangan Sivia Blink? Ko mesti di tutup-tutupi atau selalu memakai lengan panjang.
Mungkin jika Anda bukan blinkstars sejati, tidak akan memperhatikan Sivia Blink sedetail ini. Namun, Blinker sejati dengan melihat penampilan sivia yang selalu memakai pakaian lengan panjang, justru menimbulkan rasa penasaran tersendiri dan bertanya-tanya “Kenapa Tangan Sivia Blink?
Nah,,, untuk mengurangi rasa penasaran Anda terkait dengan penampilan sivia, berikut Dunia Baca dot Com mencoba mencari tahu jawabannya “Alasan Sivia Blink tanggannya sering titutupi”
Menurut informasi yang Dunia Baca dot Com dapatkan, Alasan sivia blink sering memakai lengan panjang, begini ceritanya, Via lagi syuting acara yang bertema tentang pelajaran gitu di salah satu TV swasta, nah terus ada segmen percobaan yang menggunakan bahan kimia salah satunya methanol yang notabene mudah kebakar.
Karna mungkin udah takdirnya ya si methanol itu kesenggol terus kena lilin dan akhirnya dengan cepat membakar benda-benda di sekelilingnya itu termasuk Via dan beberapa orang lainnya.
Waktu kejadian itu untungnya Via lagi pake baju dan celana panjang jadi gak separah hostnya yang pake celana pendek, meskipun begitu luka bakarnya Via lumayan berat lohh, tangan, kaki bahkan leher dan sebagian mukanya ikut kena. Tapi untungnya sekarang luka bakarnya itu udah mulai hilang dan hanya tinggal dibagian tangan dan kakinya aja yang masih belum sembuh total.
Itulah kronologis Kenapa Tangan Sivia Blink sering ditutupi. Semoga ini dapat menjawab rasa penasaran Anda. Dan jangan lupa para Blinkstars untuk mendoakan Sivia agar bekas luka di tangannya cepat sembuh total dan tidak membekas, sehingga penampilan sivia blink ke depan tangannya tidak tertutup lagi seperti Personil Blink lainnya.

Oh iya, masalah tangan Sivia yang selalu memakai maju/jaket lengan panjang itu di karenakan, waktu tahun 2011 Sivia sedang bermain sinetron di kalau gak salah MNCTV yang berjudul Gummy Galileo. Di sinetron tersebut menceritakan tentang pelajaran kimia uji coba methanol yng notabene mudah terbakar. ternyata si methanol tersebut gak sengaja kesenggol sama Sivia dan mangeluarkan api sehingga mengenai tangan kanan Sivia. Akibat kejadian itu Sivia sampai harus masuk rumah sakit di daerah Jakarta yang bernama RS Pertamina.
Tenang aja SH! Sivia udah gpp kok, cuma bekas lukanya masih sedikit berbekas... 
Di Putih Abu-Abu itu sebenernya menceritakan keseharian dari Sivia sendiri, sifatnya cuek dan humoris.

Selain seorang penyayi, Sivia juga ternyata seorang model iklan dan sudah beberapa kali membintangi sinetron stripping. Bagi Sivia menjadi seorang penyanyi dapat membawanya ke luar kota, bahkan sampai ke luar negeri, dan mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Fandom Sivia adalah Siviaholic.


Menjelang peringatan kelahirannya pada Februari 2011 terjadi insiden yang mana hal itu mungkin jadi alasan mengapa Sivia selalu pakai baju lengan panjang dan celana panjang. Tercatat Sivia sedang syuting "Dummy Galileo", acara yang bertema tentang pelajaran di MNC TV bersama rekan sesama alumni Idola Cilik Gabriel Stevent Damanik, ada 1 segmen percobaan yang menggunakan bahan kimia salah satunya methanol yang sangat mudah terbakar. Karena kecerobohan kru, methanol itu tersenggol aliran angin lalu terciprat kepada beberapa orang dan terkena lilin yang menyala dan akhirnya dengan cepat membakar benda-benda di sekelilingnya itu termasuk Sivia dan beberapa orang lainnya. Sewaktu kejadian itu Sivia juga berbaju dan celana panjang, meskipun begitu luka bakarnya lumayan berat, tangan, kaki bahkan leher dan sebagian mukanya ikut melepuh. Dan beberapa pekan dia harus terbaring di Rumah Sakit. Sempat tidak bisa berjalan dan kulitnya meradang. Sivia awalnya mengira bahwa masa depannya akan berakhir. Namun, perlahan dia mulai menerima keadaan dan bangkit.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Laporan Magang