Contoh Laporan Magang





LAPORAN MAGANG DI RA PERWANIDA 02 SLAWI




OLEH:


ISMATUL M








PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
TAHUN 2017

LEMBAR PENGESAHAN


Magang di RA Perwanida 02 Slawi telah dilaksankan dengan sungguh-sungguh dan sesuai dengan ketentuan serta prosedur yang telah ditetapkan oleh jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang;

Hari       :
Tanggal :

Oleh:

Ismatul M
   



Mengetahui,

Kepala Sekolah,                                                          Dosen Pembimbing,



Umanah, S.Pd                                                             Diana, S.Pd., M.Pd
NUPTK.                                                                     NIP. 

Ketua Jurusan PGPAUD


Edi Waluyo, S.Pd., M.Pd
                                                NIP. 

KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan karunia-Nya kepada kita yang telah memberikan rahmat, taufiq, dan hidayah-Nya sehingga kita masih diberi kenikmatan iman dan ilmu untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Sholawat teriring salam selalu kita hantarkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW, karena berkat perjuangan beliaulah yang telah membawa kita ke zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan seperti yang kita rasakan saat ini.

Laporan ini disusun dalam  rangka memenuhi salah satu  tugas magang 1 sebagai  yang telah dilakukan dalam waktu yang ditentukan oleh jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Kegiatan magang 1 ini dilakukan di RA Perwanida 02 Slawi yang terletak di jalan KH. Wahid Hasyim, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal. Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Edi Waluyo, S.Pd., M.Pd. selaku ketua jurusan PG PAUD
2.      Diana, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pembimbing
3.      Umanah, S.Pd. selaku kepala RA Perwanida 02 Slawi
4.      Seluruh guru beserta staf RA Perwanida 02 Slawi

Penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak sehingga ke depannya dapat menjadi lebih baik lagi. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Slawi,          Agustus 2017


Penulis

DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL



DAFTAR TABEL


Tabel 1....................4
Tabel 2....................5
Tabel 3....................6
Tabel 4....................8



BAB I

PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

Universitas Negeri Semarang sebagai universitas yang mempunyai suatu program lembaga pendidikan yang berusaha menyiapkan tenaga-tenaga dibidang  pendidik. Tugas ini untuk menyiapkan peserta didik  bergabung dalam anggota masyarakat yang mempunyai jiwa kepemimpinan akademik yang mampu menerapkan, menyumbang dan menciptakan  ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut maka diadakanlah beberapa rangkaian kegiatan seperti Magang 1, Magang 2, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Kuliah Kerja  Lapangan (KKL), dan Kuliah Kerja Nyata (KKN).
Untuk tahap permulaan di jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, mahasiswa semester dua wajib mengikuti Magang 1 di Tempat Penitipan Anak (TPA) atau Kelompok Bermain (KB) dan atau Taman Kanak-kanak (TK) untuk melakukan observasi selama minimal enam hari.
Magang merupakan pelatihan mempersiapkan peserta latihan untuk mengambil jalur tindakan tertentu yang dilukiskan oleh teknologi dan organisasi tempat bekerja atau sekolah, dan membantu peserta memperbaiki prestasi dalam kegiatannya terutama mengenai pengertian dan keterampilan. Dalam kegiatan magang 1 ini mahasiswa sebagai calon pendidik memperoleh pengalaman nyata sehingga mempunyai gambaran dalam pelaksanaan penyelenggaraan  pendidikan dan mampu menguasai dasar-dasar pendidikan.

A.    Tujuan
1.      Menyiapkan calon tenaga kependidikan yang profesional dalam pelaksanaan pembelajaran di lembaga PAUD
2.      Memberikan pengalaman kepada mahasiswa bagaimana proses belajar mengajar di lembaga PAUD
3.      Membedakan proses belajar mengajar yang tepat dan kurang tepat.

B.     Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu
                  Hari           : Senin s/d Selasa
                  Tanggal     : 24 Juli s/d 8 Agustus 2017

Tempat     
                  RA Perwanida 02 Slawi, Jalan KH. Wahid Hasyim, Kelurahan Slawi Kulon, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal



BAB II

SARANA DAN PRASARANA


A.    Bangunan Fisik

Bangunan fisik dari RA Perwanida 02 Slawi merupakan bangunan permanen yang memiliki luas tanah 399 m² dan luas bangunan 360 m². Bangunan gedung RA Perwanida 02 Slawi terdiri dari dua lantai. Di lantai pertama terdapat lima ruang kelas, dua toilet, dan sebuah dapur. Di lantai kedua terdapat satu ruang kelas, ruang tamu, ruang guru, dan ruang kepala sekolah. Saat saya magang disana, di lantai dua masih dalam perbaikan, sebenarnya di lantai dua disediakan halaman permainan anak tetapi untuk sementara ditutup. Atap sekolah berasal dari genteng, langit-langit kelas sudah dilengkapi ternit, halaman tempat permainan dipasang fiber agar tidak panas, lantainya menggunakan keramik berwarna putih, sedangkan halaman bermain disemen. Di setiap ruang kelas terdapat beberapa jendela dengan kaca bening yang cukup besar. Pagar keliling menggunakan tembok dan besi.

B.     Pekarangan Sekolah

                        RA Perwanida 02 Slawi tidak memiliki pekarangan, hanya memiliki halaman yang tidak begitu luas untuk tempat permainan anak-anak.

C.    Lingkungan Alam

                        Lingkungan alam di sekitar RA Perwanida 02 Slawi yaitu terdapat lapangan luas yang tepat berada di belakang sekolah, samping kanan sekolah merupakan jalan raya, samping kiri sekolah merupakan rumah masyarakat, depan sekolah yaitu kantor tempat pelatihan setir mobil yang di belakangnya tempat pelatihan tersebut adalah kantor Departemen Agama Kabupaten Tegal.

D.    Fasilitas Sekolah

                        Fasilitas yang terdapat di RA Perwanida 02 Slawi diantaranya yaitu empat ruang kelas untuk kelas B dan dua ruang kelas untuk kelas A. Ruang kepala sekolah, ruang guru, dan ruang tamu dalam satu ruangan yang dibatasi sekat-sekat. Dua toilet yang terletak di bawah tangga, dan sebuah dapur.
                        Fasilitas permainan anak yaitu sebuah ayunan, sebuah peluncuran, sebuah jungkitan, sebuah tangga melingkar, dua buah gantungan, dan dua buah titian.

Fasilitas di sekolah:
No
Nama fasilitas
Jumlah
1.
Meja murid
75
2.
Kursi murid
160
3.
Rak sepatu
1/ kelas
4.
Papan tulis
1/ kelas
5.
Kipas angin
1/ kelas
6.
Rak multifungsi
1/ kelas
7.
Balok kayu
20/ kelas
8.
Puzzle kayu
5/ kelas
9.
Gambar garuda pancasila
1/ kelas
10.
Gambar presiden
1 / kelas
11.
Gambar wakil presiden
1/ kelas
12.
Karpet
2/ kelas
13.
Baskom tempat cuci tangan
6
14.
Jam dinding
1/ kelas
15.
Kalender
1/ kelas
16.
Meja guru
12
17.
Kursi guru
12
18.
Almari kantor
7
19.
Poster
4/ kelas
20.
Tempat sampah
1/ kelas
21.
Mesin ketik
1
22.
Rak buku
5
23.
Meja tamu
1
Tabel 1

Profil RA Perwanida 02 Slawi
NPSN
NSS
Nama
RA PERWANIDA 02 SLAWI 
Akreditasi
Alamat
Jl. KH Wahid Hasyim Slawi 
Kodepos
52419 
Nomer Telpon
085765067898 
Nomer Faks
Email
ra.perwanida02slawi@gmail.com 
Jenjang
TK 
Status
Swasta 
Situs
-
Lintang
-6.990854486935864 
Bujur
109.13431987166405 
Ketinggian
46 
Waktu Belajar
Kabupaten
Tegal
Provinsi
Jawa Tengah
Kecamatan
Slawi
Kelurahan
Slawi Kulon
Kode Pos
52414
Tabel 2





BAB III

STRUKTUR ORGANISASI DAN PERSONALIA


A.    Struktur Organisasi Sekolah






B.     Personalia


NO
NAMA
JABATAN
DATA
1.
Umanah

Kepala Sekolah
Lahir: 
NUPTK: 
Pendidikan terakhir: D2 PGRA
2.
Solikhatun
Guru
Lahir:
NUPTK: 
Pendidikan terakhir: S1 PAI
3.
Ria vinanggih

Guru
Lahir: Tegal, 1990-10-23
NUPTK: -
Pendidikan terakhir: S1 PAI
4.
Daroah
Guru
Lahir: 
NUPTK: 
Pendidikan terakhir: S1 PAUD
5.
Pujiati
Guru
Lahir: 
NUPTK: -
Pendidikan terakhir: S1 B. Inggris
6.
Evi Nufiati
Guru


Lahir: 
NUPTK: 
Pendidikan terakhir: S1 PAI
7.
Endang Setiawati
Guru
Lahir: 
NUPTK:
Pendidikan terakhir: S1 PAI
8.
Rokhmawati
Guru
Lahir:
NUPTK:
Pendidikan terakhir: D3 B. Inggris
9.
Masruroh
Guru
Lahir: 
NUPTK: 
Pendidikan terakhir: SMK
10.
Nurchayatun
Guru
Lahir: 
NUPTK: 
Pendidikan terakhir: PGA
11.
Supriatini
Staf
Lahir: 
NUPTK: 
Pendidikan terakhir: D2 PGRA
Tabel 3

BAB IV

PENYELENGGARAAN PBM


A.    Kegiatan Guru

1.      Pendidik
Guru meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup, mengajar berarti mengembangkan ketrampilan-ketrampilan siswa.
2.      Manajemen Pembelajaran
Guru memiliki konsekuensi untuk memiliki peran-peran tertentu dalam kaitannya dengan manajemen sekolah. Dalam proses belajar mengajar yang sering disebut dengan manajemen kelas.
3.      Pengadministrasian
Guru memiliki peran pelaksana administrasi pendidikan, di samping menjadi pengajar. Pengambilan insiatif, pengarah, dan penilaian kegiatan-kegiatan pendidikan.

B.     Kegiatan Murid

Hari
Waktu
Keterangan
Kegiatan
Senin-Sabtu
08.00
Pembukaan
Membaca asmaul husna, berdoa, dan berbaris
Senin
08.30
Inti
Menyanyi lagu kebangsaan, menulis
Selasa
08.30
Menyanyi, menulis
Rabu
08.30
Menyanyi, menulis
Kamis
08.30
Menyanyi, mewarnai
Jumat
08.30
Menyanyi, praktek shalat
Sabtu
08.30
Pemanasan, senam
Senin-Sabtu
10.00
Penutup
Mengaji, menyanyi dan berdoa
Tabel 4

C.    Kegiatan Kepala Sekolah

1.      Pendidik
Kepala sekolah bertugas membimbing guru, pegawai, siswa, dan menjadi contoh dalam proses pembelajaran
2.      Manajer
Kepala sekolah bertugas menyusun program, menyusun pengorganisasian sekolah, mengoptimalkan sumber daya sekolah, dan mengendalikan kegiatan
3.      Administrator
Kepala sekolah bertugas mengelola administrasi, KBM, BK, kesiswaan, ketenagaan, keuangan, sarana dan prasarana, dan urusan rumah tangga sekolah.
4.      Pemimpin
Kepala sekolah bertugas menyusun dan mensosialisasikan visi dan misi suatu program sekolah, mengambil keputusan, dan melakukan komunikasi.
5.      Supervisor
Kepala sekolah bertugas menyusun program supervisi pendidikan dan memanfaatkan hasil supervisi.




BAB V

PENUTUP


A.    Kesimpulan

Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk anak, karena untuk menyiapkan anak menuju jenjang berikutnya yaitu sekolah dasar. RA Perwanida 02 Slawi didirikan oleh Yayasan Perwanida yang berstatus swasta. Fasilitas sarana dan prasarana sudah memadai untuk menunjang kegiatan belajar anak. Seluruh kegiatan belajar mengajar sudah baik dan banyak anak yang antusias saat kegiatan berlangsung.

B.     Saran-saran

1.      Mempererat hubungan antara guru dan wali murid
2.      Memperbaiki dan melengkapi fasilitas agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih baik





LAMPIRAN-LAMPIRAN




















  

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian dan Contoh Teks Cerita Ulang