Makalah Industri Logam Kuningan

Makalah Kewirausahaan

Usaha Industri Logam Kuningan











KELAS XI.3 (KELOMPOK 5)

DISUSUN OLEH :


1. Ahmad Reza Agung L. (01)
2. Devi Setiaji (06)
3. Hana Rokhichatul J. (12)
4. Ismatul Maula (16)
5. Rizki Ikhbar Wika P. (23)




PEMERINTAH KABUPATEN TEGAL
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA
UPTD SMA NEGERI 1 SLAWI
Jalan K.H. Wahid Hasyim 1 Slawi, KotakPos 6, Telepon (0283) 3317173






KATA PENGANTAR


Alhamdulillah danpujisyukurataskehadirat Allah SWT, karenaatasrahmatdanhidayah-Nya, sehingga kami dapatmenyusunmakalahkewirausahaanini.Makalahinidisusundengantujuan agar pembacadapatmenambahpengetahuanmengenaiusaha industry logamkuningan.

Dalampenyusunanmakalahini, kami menyadaribahwamasihbanyakkesalahandankekurangan yang belumsempat kami jelaskansecararinci di dalamnya.Namun kami harapBapak guru danteman-tamandapatmengertidanmemahamisedikitkesalahan-kesalahantersebut.Karenasesungguhnya, kami hanyamanusiabiasa yang takluputdarikesalahan.

Akhir kata, semogamakalahinidapatmemberikanbanyakmanfaatbagiparapembacanya.






Slawi, 28Oktober 2014



Kelompok 5





DAFTAR ISI

Kata Pengantar …………………………………………………………….. 2
Daftar Isi ………………………………………………………………….... 3
Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang …………………………………………………………. 4
B. Rumusan Masalah ……………………………………………………… 4
C. Tujuan …………………………………………………………………... 4
Bab II Pembahasan
A. Pengertian logam kuningan …………………………………................ 5
B. Produk dari logam kuningan ………………………………………...... 5
C. Proses Pembuatan..............................………………………….……… 5
D. Biografi Pemilik ............................................………………….…...…. 5 - 6
Bab III Penutup
A. Kesimpulan…………………………………………………………..... 7
Daftar Pustaka…………………………………………………………...... 7
Lampiran Photo............................................................................................ 8 -11
..



BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Saat ini, banyak orang yang belum mengetahui tentang industri logam kuningan. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan sedikit tentang industri logam kuningan.


B. Rumusan Masalah

1. Apa yang dimaksud dengan logam kuningan ?
2. Apa sajakah yang dapat dibuat dari logam kuningan ?
3. Bagaimana proses pembuatannya ?
4. Biografi pemilik usaha industri logam kuningan ?


C. Tujuan

1. Untuk memenuhi tugas mata pelajaran Kewirausahaan.
2. Agar siswa mengetahui tentang industri logam kuningan.
3. Untuk memotivasi siswa agar menjadi wirausahawan yang sukses.




BAB II
PEMBAHASAN


A. Pengertian Kuningan


Kuningan adalah logam yang merupakan campuran dari tembaga dan seng.Tembaga merupakan komponen utama dari kuningan, dan kuningan biasanya diklasifikasikan sebagai paduan tembaga.Warna kuningan bervariasi dari coklat kemerahan gelap hingga kecahaya kuning keperakan tergantung pada jumlah kadar seng. Seng lebih banyak mempengaruhi warna kuningan tersebut. Kuningan lebih kuat dan lebih keras dari pada tembaga, tetapi tidak sekuat atau sekeras seperti baja. Kuningan sangat di bentuk kedalam berbagai bentuk, sebuah konduktor panas yang baik, mudah untuk dan umumnya tahan terhadap korosi dari air garam.




B. Produk Dari Kuningan

Kuningan kebanyakan digunakan untuk membuat pipa, tabung, sekrup, radiator, hiasan furniture, alat musik, aplikasi kapal laut, dan casing cartridge untuk senjata api.


C. Proses Pembuatan

1. Pengecoran adalah proses pembentukan logam dengan cara menggunakan cetakan berongga yang diisi oleh logam cair. Terdiri dari 2 bagianproses :
a. Cetakan, berfungsi memberikan bentuk/dimensi serta sifat permukaan.
b. Logam cair, memberikan sifat mekanis, tergantung komposisi logam.


2. Pembubutan

Pembubutan adalah proses penghilangan bagian dari benda kerja untuk memperoleh bentuk tertentu. Dalam proses pembuatan logam kuningan, mesin bubut digunakan untuk membentuk suatu rangka berbentuk lingkaran agar mudah disambung dengan komponen lain.


D. Biografi Pemilik Usaha Logam Kuningan

Pemilik usaha logam kuningan ini adalah Bapak Son Haji yang bertempat tinggal di Ujungrusi-Adiwerna- Tegal. Beliau seorang lulusan SLTP yang melanjutkan pendidikannya di SLTA namun tidak sampai lulus. Sebelum memulaiusahanya di industry logam ini, beliau sempat bekerja pada industry logam juga. Jadi, beliau memulai usaha dibidang ini berbekal dari pengalamannya dulu saat bekerja.


Usaha ini dimulai pada tahun 1997.Produk kuningan yang dibuat adalah komponen dari tabung yang terdapat dalam regulator, misalnya pada tabung gas LPG dan tabung gas oksigen.Selain itu beliau juga membuat komponen keran.Dulu beliau sempat membuat hiasan dari kuningan ini, tetapi karena adanya krisis moneter pada tahun 1998 membuat industri ini berhenti, dan beralih pekerjaaan menjadi seorang sales. Beliau memulai usahanya lagi pada tahun 2002 dengan bantuan dari keluarganya.Dari situlah industri beliau bias bertahan sampai sekarang. Yang membuat beliau bisa bertahan hingga sekarang adalah beliau selalu menjaga kualitas produknya padahal di luar sana saingannya banyak, termasuk dengan Jepang dan China. Yang selalu beliau jaga adalah kualitasnya dan dalam bekerja dia selalu kerja keras, ulet, dan jujur. Walaupun beliau hanya seorang lulusan SMP beliau bisa mendirikan industri rumahan yang penghasilannya bisa dibilang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut membuktikan untuk menjadi seorang wirausahawan kita harus punya tekad yang kuat dan selalu bekerja keras untuk mendirikan suatu usaha.


Produk ini dipasarkan pada perusahaan yang ada di Jakarta yang sudah menjadi pelanggannya.Setiap hari industri ini bias membuat hingga 1000 biji. Industri ini mempunyai 4 orang karyawan. Pada saat kami kunjungan ke sana hanya ada 2 orang karyawan, 2 orangnya lagi tidak berangkat. Dalam proses pengecoran dan pembubutan dilakukan di tempat berbeda oleh industri ini.



BAB III
PENUTUP


A. Kesimpulan

Jadi, kuningan adalah logam yang merupakan campuran dari tembaga dan seng.Tembaga merupakan komponen utama dari kuningan, dan kuningan biasanya diklasifikasi kan sebagai paduan tembaga. Dalam pembuatan logam kuningan membutuhkan proses yang panjang dan membutuhkan keuletanserta kerja keras. Serta dalam berwirausaha kita harus selalu jujur dan menjaga kualitas produk.



DAFTAR PUSTAKA


http://yermiarongreanmp2.blogspot.com/
http://bukankopipaste.blogspot.com/



LAMPIRAN PHOTO










Comments

Popular posts from this blog

Contoh Laporan Magang

Pengertian dan Contoh Teks Cerita Ulang