Lika Liku Masuk PTN

Assalamu'alaikum wr.wb

Saya akan bercerita tentang perjalanan saya hingga akhirnya diterima di PTN. Formal dikit ya

Seperti yang sudah kalian ketahui, bahwa ada 3 jalur untuk masuk PTN yaitu : SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri

Bagi saya sangat sulit untuk masuk PTN. Ya karena semua jalur sudah saya singgahi. Dan papih saya sangat mewajibkan saya untuk masuk PTN, kalau gagal masuk PTN ancemannya nanti saya akan di leskan menjahit agar jadi penjahit sampai diancem bakal dinikahin sama orang. Hiks!

Jadi, saya ini jurusan IPA. So,
Mulai dari SNMPTN saya mendaftar dengan pilihan
1. S1 Ilmu Keperawatan Undip
2. S1 Teknik PWK Undip
3. S1 Kesehatan Masyarakat Unnes
Itu kalo gak salah ya, udah lupa soalnya. Hmm namun sayangnya saya tidak diterima, tahun 2016 ini memang sekolahku tidak banyak yang diterima di jalur ini. Bahkan di kelasku hanya 1 orang yang diterima di jalur ini, tapi tidak diambil. Ughhh
karena temanku itu lebih memilih PTK

Jalur selanjutnya, SBMPTN.
Sebelum tes SBMPTN saya mengikuti bimbingan di Primagama. Awalnya saya masuk kelas IPA, namun beberapa minggu sebelum tes saya bimbang dan akhirnya saya masuk kelas IPS, ya karena sempat ada adu argumen antara saya kakak papih dan mamih. Saya dibilang gak jago ngitung jadi mending daftar IPS aja. Dan saya mendaftar dengan pilihan
1. S1 Ilmu Hukum Undip
2. S1 Ilmu Hukum UNS
3. S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan Undip
saya daftar ilmu hukum karena saran dari my big boss(papih) karena ku ngga jago itungan dan prodi ini tuh hafalan, maklumlah papih lulusan S1 Hukum. Katanya biar setelah lulus S1 ntar langsung S2 biar jadi notaris trus jadi cewe kaya dan bisa beli mobil sendiri😂 impian papih ke anak perempuannya ini wajar sih, soalnya papih kerja di BPN. Eh sekarang udah pensiun deng.

Saya berangkat ke Semarang sehari sebelum tes, naik KA Kamandaka dari Slawi pukul 6.30 AM. Di Tegal anak teman mamihku menyusul dan dia bersama tunangannya yang sudah kerja juga saudaranya yang juga adik dari guruku (bingung pasti). Kami berempat menuju Semarang, tunangan temanku mengantar temanku tes uhhh sweet. Dan kami bertiga yang akan berjuang.

Next....
Sesampainya di St Semarang Poncol, aku memisahkan diri dari mereka. Aku dijemput kakakku naik motor.
Nggg
Sampai di Gunung Pati,
"Neng kos ku disit ya?"
"Iyaa"
Hm aku dikosan cowo hhihi. Kamar kakakku lengkap sekali, ada tv printer almari meja kasur bantal sound system air ikan cupang+makannya jendela+gordennya pintu(apaansih), rapi pula *mungkin udah dirapiin karena aku akan datang hahah.
"Sinau oh"
"Iyaa"

"Aku ngko pan kuliah, pan mangan saiki?"
"Iya oo"
"Lauk ndog ya?"
"Iyaa"

Nasinya banyak banget, aku aja ga habis. Sewaktu ditinggal kuliah sama kakakku dikosannya sendirian. Aku langsung tutup pintu+dikunci dan gorden ditutup, sambil nonton sambil belajar sambil smssan sama dia ....nggg!
Beberapa saat kemudian kakak balik dan dan dan..

"Maring pondoke mba Lia saiki ya?"
"Iyaa"

Aku transit di Al Ashror, rasanya itu malu. Aku pake celana dan anak pondok pada pakek rok, ya maklumlah abis perjalanan hehe. Disana aku dikenalin ke anak pondok sama kakak sepupuku, mereka ramah. Pada tanya "siapanya mba?" Dan pada bilang "adiknya kok cantik beda sama mba" hehe jadi malu.

Lalu aku di ajak ke TK sama mba Lia, tempat kerja kakak sepupuku yang satunya lagi yaitu mba Zakiyah. Disitu ketemu sama Viera anak mba Zaki dan sepupunya Viera lupa namanya.
"Mba ismaaaa, pakek kacamataaa"

Setelah itu kami pulang ke rumah mba Zaki yaitu tempatku menginap. Esoknyaaa
aku tes di Undip, tepatnya di FEB. Aku ngga survey tempat dulu jadi muter2 nyari FEB dan setelah itu aku nyari ruangnya, abis itu kakaku langsung pamit. Untung ketemu temen SMA, nah langsung aja ke tesnya.
Di ruang itu aku nomor urut terakhir, tapi duduk paling depan pol depanku tembok persis di pojok dan di bawahku banyak tas2 dan sampingku tempat sampah😒 matdas sulit bagiku bing apa artinya bind jawaban yg bener mana ya gambar2 ah itumah gampang eh yg ini selanjutnya apaan. Wkwk

Istirahat, Ya Allah temen SMAku mana? Ah aku sendirian nyari mushola, duduk, makan roti, buka buku. Anak IPA mah tesnya udah selesai. Unch
Duduk di pelataran bersama anak2 lainnya, ada yg mengajakku berkenalan samping kanan cantik samping kiri cantik banget. Aku? Haha
Tes soshum...
Ekonomi ga paham, sosiologi kayaknya ini jawabannya, geografi duh lupa, hehehe

Sorenya langsung balik Tegal naik kereta juga jam 17.45 seperti biasa aku duduk sendiri, loh anak temen ibuku dan lainnya mana? Mereka ngga ketinggalan kan? Uhh akhirnya mereka datang. Kita ngobrol asik dan aku juga mulai akrab dengan adik guruku. Tadinya temenku gamau ngaku kalo udah tunangan, pas aku liat ke jarinya "nah ini" cincin sebagai buktinya hahah. Ngakak

Ujian Mandiri.
Nah karena waktu itu minat banget sama Ilmu Hukum Undip dan takut gagal SBMPTN jadi saya daftar UM Undip 1, kalo ga salah tesnya 10 hari setelah tes SBMPTN. Demi Ilmu Hukum Undip ku rela bolak-balik Tegal-Semarang, sama seperti saat SBMPTN naik KA Kamandaka dan aku nginep di rumah mba Zaki. Bedanya, aku ternyata satu bangku sama teman SMAku tapi kita ngga akrab, sampai Semarang dari stasiun aku dan kakakku langsung menuju Pascasarjana Undip untuk melihat ruang tes. Nah kali ini saya mencoba IPC dengan pilihan
1. S1 Farmasi
2. S1 Ilmu Hukum
3. S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Uhhh tesku dari jam 7 AM - 3 PM sangat melelahkan
Lagi lagi ku sendiri, dan akhirnya ku sendiri lagi.
Ada yang mengajakku berkenalan cantik juga.
Saat tes lagi2 seruang aku adalah nomor urut terakhir tapi duduk di depan dan intinya pertama mapel IPA kedua umum ketiga IPS dan Kewarganegaraan, itu jg kalo ga salah ya udah agak lupa.
Sebelumnya tuh aku ngga ngerti kalo UM Undip ada SPI nya, eh ngerti sih. Cuman ga paham SPI itu apa, dan aku pilih SPI yang termurah semua.
1. 40jt😲
2. 40jt😱
3. 30jt😨
Pulang tes aku ngga balik lagi ke rumah mba Zaki, tapi kami jalan2 ke Sam Poo Kong. Maklumlah ga pernah jalan, lha kakaku juga pertama kali ke Sam Poo Kong sama aku. Cie
Setelah dari sana kami langsung ke stasiun. Dan aku sendiri(lagi) maksudnya ngga ada yg kenal di KA sampingku bapak2 depanku mbak2 kece.

Pengumuman SBMPTN!
Pasrah. Takut mo liat pengumuman
hasilnya : tidak diterima
Ya Allah... aku bego apa gimana, temen SMAku banyak yang diterima. Dan dia juga diterima ewh
tapi teman dekatku Emara dan Shalma bernasib sama denganku, mereka nangis. Kalo aku sih emang ga yakin bakal diterima, jadi aku ngga seheboh mereka. Tapi ya tetep sedihlah😂
Beberapa hari kemudian pengumuman UM Undip!
Pasrah juga. Takut juga
dan hasilnya : tidak diterima (lagi)
Alhamdulillah😂 papih ngga keluar duit 40jt. Hehe

Kali ini aku mulai pesimis masuk PTN.
Saran mamih dan kakakku daftar UIN Walisongo dan Unnes.

Ujian Mandiri jilid 2
SM Unnes
aku mendaftar dengan pilihan
1. S1 PG Paud
2. S1 Pend. Bahasa Arab
beda banget ya sama yang diatas, tadinya hukum jadi keguruan. Ya itu saran dari mamihku, katanya perempuan itu jadi guru TK aja biar pulangnya gasik guru TK juga ga mikirin UN bikin rapotnya juga gampang walaupun gajinya ga gede yang penting berkah kan kamu perempuan nah yang tugasnya cari nafkah kan laki2. Uhh super sekali
Tanggapan papihku, loh kok ga daftar hukum? Aku jawab aja saingannya banyak banget pa, 1rb lebih loh. Walah2 berat ya, padahal aku liat jurnal pendaftaran pas udah milih prodi. Hehe
Kali ini aku berangkat bersama teman SMAku, di KA ada bapak2 cerita tentang BPN inilah itulah hingga suatu percakapan menyebut nama papihku. Langsung deh aku bilang itu bapak saya😎
"ohhh kamu anaknya pak hansss" dst
ketemu anak Unnes jg yg PGSD
"Kenapa ga daftar PGSD?"

Next...
saat tes, jam siang mulai jam 11 seingatku
lokasi tesnya di Pascasarjana Unnes
sebenernya sempat cek ruang tes tapi ga sampe bener2 liat ruang tesku karena mager naik tangga waktu itu. Akhirnya pas sampe depan kampus
"Mana dewekan ya"
"Lah dianter"
"Moh koe esih eling kan?"
"Ngendi ya?"
"Mana keh trus...."
Aku jalan sendiri sambil mengingat ingat, pas jalan mo naik
"Eh Idaa"
"Ismaa"
" " blablabla
trus aku naik tangga, abis itu aku liat nomor ruangannya kok ratusan? Ditulisannya puluhan. Mulai degdegan
karena bingung trus turun lagi, mo nyari satpam.
untung ketemu Ida lagi.
"Isma kamu mau kemana?"
"Aku ngga tau ruangnya"
"Kamu diatas kan? Aku pernah liat namamu"
"Tapi kok ratusan ya?"
"Emang ratusan kamu liatnya di kertas yg nempel di pintu ada daftar namanya. Ada tulisan ruang jg(sambil nunjuk2 kertas)"
"Ohh makasih ya Daaa" apajadinya aku tanpamu

Disini ngga ada yg ngajak kenalan man.
dan aku bukan nomor urut terakhir lagi di ruangan.
Hmm kayake jawabannya ini, yeeay ketemu hasilnya, bing artinya apasih ini kuisi satu ajadeh.
inimah gampang, asal jawab ah.😅
Seperti biasa sorenya aku langsung balik Tegal, bersama teman SMAku lagi. Yah macet euy jalannya
"Isma km dimana?"
"Masih otw"
Duh parah nih kalo ketinggalan kereta.
"Km print boarding pass nya dulu. Nih kode nya"
"Okee"
"Bentar lg aku sampe. Km dimanaan?"
"Km langsung masuk aja aku di dalem"
Beberapa menit kemudian akhirnya sampai jg, alhamdulillah ga ketinggalan kereta.

Next...
di postingan selanjutnya ya.
Thanks for reading my blog😊

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Laporan Magang

Pengertian dan Contoh Teks Cerita Ulang