Story: Kegagalan di 2018

Tahun 2018

Tahun dimana aku ngerasa sakitnya ditinggalkan karena seseorang, ngerasa seneng karena punya banyak teman yg perhatian terutama di perantauan, ngerasa bangga karena salah satu impianku tercapai yaitu bisa ke luar negeri, dll yg gabisa aku sebutin satu persatu.

Jadi aku mau cerita tentang kegagalan aku.
Kegagalan pertama yaitu gagal student exchange ke trnava university :((( ya gimana ga sedih ya, salah satu impian aku itu bisa kuliah di luar negeri. Mumpung ini ada kesempatan, jadi aku coba ikut seleksinya.

Aku ceritain dulu ya, jadi programnya untuk mahasiswa smt 3 dan 5 dari jurusanku juga kelas inter, nah yang bakal diambil yaitu 2 mahasiswa smt 3 dan 2 mahasiswa smt 5. Kita bakal disana selama satu smt dari februari-april, ntar dapet fee €760, tapi biaya flight ditanggung sendiri dan biaya flightnya €820. Kira-kira 1€ = Rp 17000 ya mahal bgt, mana fee lebih sedikit dari biaya flight.

Yang harus dilakukan pertama yaitu ngisi form perdaftaran, ngisi nama trus email trus semester trus IPK, trus disuru milih english skill kamu masih beginner udah intermediate atau advance, setelah itu describe your motivation to study abroad. Jumlah mahasiswa jurusanku yang daftar 40 orang, terbilang sedikit ya karena yang boleh ikut cuma kelas internasional dari semester 3 dan 5.

Langkah kedua yaitu written test, kalo ngga salah jumlah soalnya itu 50 pilihan ganda udah mencakup reading sama structure, dan soal essay yaitu writing disuru nyeritain gitu kenapa pengen study abroad. Pelaksanaannya waktu itu 19 oktober, jumlah keseluruhan mahasiswa yang ikut tes cuma 25 orang. Semakin sedikit peminatnya, dari semester 3 cuma 5 orang yang ikut sedangkan kelasku sekitar 20 orang, berarti 7 orang ngga ikut tes karena jumlah mahasiswa di kelasku ada 27 orang. Aku ngerjainnya bener2 dong, sesuai pengetahuanku yang pernah aku pelajari dan yang masih inget, semalam juga aku belajar sedikit. Ngisi essay nya juga bener2, aku ceritain dari hati.

Tahap selanjutnya yaitu interview, ada 11 mahasiswa yang terpilih untuk ke tahap ini, 5 mahasiswa dari semester 3 dan 6 mahasiswa dari semester 5. Bisa dilihat di link ini
http://paud.unnes.ac.id/index.php/2018/10/22/berikut-daftar-nama-lolos-untuk-interview-erasmus/
Ya namaku ada di daftar nama yang lolos ke tahap ini, seneng dong. Dapet pengumumannya pagi dan diinterview hari itu juga duarrr, jadwalnya sih siang. Ya seperti dugaan, molor cuy, yang diinterview duluan adek2 semester 3. Udah keluar langsung kita tanya2in, "tadi ditanya apa aja?" "Pake english ga?" Deg2an ni.

Inti dari pertanyaannya yaitu
"Describe about yourself"
"Are u ready for study abroad?"
"What will u prepare?"
"Ur parent work"
"Are ur parent ready to finance?"
Dan beberapa pertanyaan random kayak gini
"Pengen kemana selain slovak"
"Sebutin ibukota negara di europe"
Dll

Saat aku dipanggil...
Masuk ke ruang
"Dek, pintunya ditutup lagi"
"Hehe"
Aku duduk, diputerin dosen2 OMG
Ada pak akaat, bu diana, mr brano, dan bu windi.

Flashback dulu ya, jadi aku udah cerita ke ortuku. Dah lama banget sebelum tes, tapi aku ngerasa kek ortuku ga begitu antusias, mungkin karena biaya perjalanan ditanggung sendiri. Jadi doanya juga kurang ehehe, kayaknya lho ya.

Pertama aku ditanyain pak akaat, suru nyeritain tentang aku, jujur aku bingung mau jawab darimana, trus aku jawablah kalo aku asalnya dari tegal. Eh tiba2 mr brano motong, dia kepo sama tegal. Tegal tu nama apa? Kota? Trus dia nanya, gimana caranya kalo dia mau ke tegal? Naik apaan? Aku bege, masih ga nyambung, kukira dia nanya khasnya tegal apaan wkwkwk. Trus aku jawablah kalo ke tegal enaknya naik kereta, nah dia nanya lagi, gimana cara beli tiketnya? Aku jawabnya beli di online bisa trus di mini market kek indomarrr or alfamarrr. Eh dia masih kek nanya lagi, cara belinya gimana? Kalo mesen nulisnya dari mana ke mana? Aku bilang kalo asalnya dari sts semarang poncol ke sts tegal (padahal aku sendiri jarang pesen yg tegal karena aku ke slawi) mr brano bilang "oh tegal tuh yg ada kampus kita itu ya? Aku tau sih kalo itu" oya trus aku bilang kalo ke tegal tuh "just six...." aku mikir bahasa inggrisnya apaan ya lupa, aduh payah. Eh dosen2 malah langsung nanggepin lagi "6 hours??" "6 days??" "Lama banget ya kalo 6 days" aku masih mikir, aku bilang aja "no no no" lalu setelah sepersekian detik akhirnya inget "just sixty thousand" harganya. Abis aku jawab itu langsung ketawa semua, yaampun, aku malu, kasian juga sama mereka, udah nebak2 aku mo ngomong apa, ternyata ekspektasi mereka salah wkwkwk geli banget ketawa mereka.
*intine pake bahasa inggris dah ngomongnya, walau ada indo dikit2

Trus bu diana nanya ke aku, udah siap student exchange belom? Aku sih pede aja kalo udah siap, trus apa aja yang perlu disiapin? Aku lupa si jawab apa aja intine pasport sama belajar speak in English, ditanya juga ortu kerja apa? Papa aku pensiunan PNS nah kalo ibu di rumah aja. Trus apa ortu kamu siap buat biayain kamu? Hmm aku jujur jawab ini ragu2, orang papa aku juga kek ngga mau pas aku bilang ntr flightnya bayar sendiri, eh papa malah bilang ntr kamu bayar sendiri ya, ngga bilang "okesiyaap anaku yg cantikk" :( yaudah aku jawabnya iya siap, ngomong pelan sambil ragu2 gitu.

Bu windi nanya apa ngga ya, aku lupa. Pokoknya aku kek ditanyain ulang tentang siap ngganya trus aku jawab insyaa Allah siap. Setelah itu, oke udah selesai ya. Dalam hati aku ngomong, udah? Ditanyain itu doang? Kok ngga kek yang lain si. Yang lain keknya lama dan banyak banget yang ditanya, pertanda apa ini.

Lalu beberapa hari kemudian, salah satu temen nanya skor toefl. Besoknya grup kelas rame, pengumuman udah ada di website, ni linknya
http://paud.unnes.ac.id/index.php/2018/10/26/1210/
Aku lemes, yah bukan aku yang lolos. Temen2 pada ngucapin selamat ke 2 anak yang lolos, aku juga ngucapin dong. Abis itu aku ngabarin ke grup keluarga kalo aku ngga lolos, kata mereka belum rezekinya. Mataku lemah banget, pake keluar air segala, iya aku nangis. Uring2an di kamar kosan sendiri.

Besoknya aku vidcall ke rumah, "kenapa?" Kata ibu, aku diem doang, apaan si ibu pake nanya segala, udah tau pake nanya. Aku nangis lagi dong, aku ngomong dikit doang sisanya nangis, diceramahin kalo yang dipengen belum tentu yang terbaik, btw aku ngetik ini aja sambil air matanya netes, masih keinget rasanya. Mungkin emang aku ga jago English, trus waktu wawancara kurang meyakinkan, mungkin juga dosen2 takut ortuku gabisa ngebiayain, kudune waktu itu aku songong aja apaya? Bilang kalo bapak punya bla3, siapa tau lolos hahaha

Cerita yang kedua, tentang lomba.
Jadi jurusanku tiap taun ngadain lomba nasional gitu, namanya Kemilau PGPAUD 2018. Lomba itu waktu aku semester 5, ada temen sekelasku yg ngajakin ikut lomba cipta lagu AUD, kenapa? karena waktu semester 4 ada mata kuliah Composition Music, di makul itu tugas akhirnya bikin lagu AUD nah kebetulan aku dapet A.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Laporan Magang

Pengertian dan Contoh Teks Cerita Ulang